Rekomendasi Oleh-oleh khas Yogyakarta yang Paling Populer, Cocok untuk Keluarga di Rumah

Rekomendasi Oleh-oleh khas Yogyakarta yang Paling Populer, Cocok untuk Keluarga di Rumah

Oleh-oleh khas Yogyakarta
Oleh-oleh khas Yogyakarta 


Rekomendasi - Yogyakarta merupakan salah satu daerah yang terkenal akan wisata dan kulinernya. Selain itu, Yogyakarta juga dikenal sebagai kota pelajar. Bahkan, banyak rekomendasi oleh-oleh khas Yogyakarta yang menarik untuk dibawa pulang.

Saat berkunjung ke Kota ini, Kamu harus meluangkan waktu untuk membeli oleh-oleh. Terlebih banyak souvenir khas Jogja yang dapat dijadikan sebagai kenang-kenangan. Meskipun dekat area wisata, oleh-oleh di Jogja memiliki harga yang cukup terjangkau.

5 Oleh-oleh khas Yogyakarta yang Menarik untuk Dibeli

Oleh-oleh khas Yogyakarta
Oleh-oleh khas Yogyakarta 

Selain membeli souvenir khas Jogja, Kamu juga bisa membeli makanan ringan untuk dibawa pulang. Mengingat kuliner dari daerah ini memiliki citarasa yang khas dan lezat. Berikut daftar oleh-oleh yang menarik untuk dijadikan sebagai buah tangan, yakni:

1. Bakpia

Sebagian wisatawan tentu sudah tidak asing dengan Bakpia. Sebab oleh-oleh ini sering diincar banyak orang, karena rasanya yang lezat. Secara umum, bakpia memiliki bentuk bulat dengan isian yang beragam mulai dari kacang hijau, cokelat, ubi dan juga keju.

Rasa bakpia cukup manis dan lembut, sehingga disukai banyak orang. Selain itu, harga bakpia cukup murah sehingga cocok dijadikan sebagai buah tangan. Tak hanya itu saja bakpia bisa ditemukan dengan mudah di area wisata seperti di Malioboro.

2. Geplak 

Oleh-oleh khas Yogyakarta yang selanjutnya yaitu Geplak. Jajanan ini memiliki nama yang unik, sehingga membuat banyak orang tertarik untuk mencobanya. Terlebih geplak saat ini memiliki warna yang bervariasi, sehingga terlihat lebih enak dan lezat.

Disamping itu, geplak terbuat dari ketan, gula jawa dan parutan kelapa. Seiring berjalannya waktu, geplak memiliki rasa dan warna yang bervariasi mulai dari kacang, jahe hingga strawberry. Selain itu, geplak biasa dikemas menggunakan besek bambu.

3. Keripik Belut

Apakah Kamu ingin mencoba keripik khas Jogja? Jika iya, maka keripik belut bisa dijadikan sebagai pilihan yang tepat. Keripik khas Jogja ini bisa ditemukan saat Kamu berkunjung ke Godean, Sleman. Menariknya, keripik ini bisa dijadikan sebagai camilan.

Selain keripik belut, terdapat beberapa olahan belut yang lainnya seperti pepes belut, sambal penyet belut, sego belut, hingga mangut belut. Alasan inilah yang membuat banyak wisatawan dari luar daerah tertarik mengunjungi Yogyakarta.

4. Belalang Goreng

Jika Kamu tidak menyukai keripik khas Jogja, tersedia oleh-oleh lainnya seperti belalang goreng. Camilan ini sengaja di goreng hingga garing atau crispy, sehingga terasa lebih renyah. Selain dijadikan sebagai camilan, belalang goreng bisa dijadikan sebagai lauk.

Untuk menemukan oleh-oleh ini, Kamu bisa mendatangi daerah Gunungkidul. Bahkan di sepanjang jalan Gunungkidul terdapat penjual belalang goreng. Selain memiliki rasa gurih, belalang goreng disini memiliki rasa pedas dan bacem sehingga terasa nikmat.

5. Yangko

Pada dasarnya, yangko khas Jogja memiliki bentuk yang mirip dengan mochi. Bahkan tekstur yangko khas Jogja cukup kenyal, karena terbuat dari tepung ketan. Untuk membeli yangko khas Jogja, Kamu bisa mendatangi Kotagede.

Awalnya, tangki hanya memiliki rasa kacang. Namun seiring berjalannya waktu, rasanya lebih bervariasi mulai dari melon, coklat hingga durian. Teksturnya yang kenyal, dengan rasa yang manis membuat yangko disukai banyak orang.

Itulah beberapa oleh-oleh khas Yogyakarta yang menggoda selera. Dimana oleh-oleh tersebut memiliki cita rasa yang lezat dan enak. Disamping itu, harganya ramah di kantong sehingga cocok dibawa pulang ke rumah. 

Dwi Synta
Hai saya Synta, seorang Reviewer Influencer dan Penulis di Rekomendasid.com, Saya merekomendasikan pengalaman saya dalam beberapa topik mulai dari Lifestyle, Teknologi, kuliner, Wisata, Barang
Posting Komentar