Rekomendasi Olahan Singkong yang Enak dan Lezat, Cocok untuk Ide Bisnis

Rekomendasi Olahan Singkong yang Enak dan Lezat, Cocok untuk Ide Bisnis

Olahan Singkong yang Enak
Olahan Singkong yang Enak 


Rekomendasi - Olahan singkong yang enak dan lezat sering dicari banyak orang. Pasalnya, singkong memiliki harga murah sehingga cocok untuk dijadikan ide usaha. Menariknya lagi, singkong bisa dijadikan sebagai olahan tradisional dan olahan modern.

Selain memiliki rasa yang gurih, singkong juga mengandung banyak serat sehingga mengenyangkan perut. Umumnya, masyarakat Indonesia menjadikan singkong sebagai pengganti nasi atau keripik. Terlebih singkong mudah didapatkan di pasar tradisional.

5 Olahan Singkong yang Enak dan Cocok untuk Ide Usaha

Olahan Singkong yang Enak
Olahan Singkong yang Enak

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, singkong mengandung karbohidrat yang bisa dijadikan sebagai pengganti nasi. Selain itu, singkong bisa diolah menjadi masakan manis, gurih hingga pedas. Berikut 5 olahan singkong yang enak, yakni:

1. Tiwul 

Hasil olahan singkong yang satu ini tentu sudah tidak asing, terutama bagi masyarakat Gunung Kidul. Kudapan ini berasal dari gaplek yang berbentuk bulatan kecil-kecil. Waktu pembuatan tiwul cukup lama, sebab Kamu harus menjemur singkong sebelum diolah.

Setelah singkong kering, Kamu bisa mencuci dan menumbuknya hingga halus. Kemudian, Kamu bisa megukusnya di api sedang. Disamping itu, hasil olahan singkong ini disajikan dengan sambal dan lauk pauk atau bahkan dengan parutan kelapa.

2. Tape

Siapa yang nggak kenal dengan tape? Tentu hampir tidak ada. Sebab tape sering dijual di pasar dan di pinggir jalan. Hasil olahan singkong ini, memiliki rasa manis, segar dan sedikit asam. Menarinya, tape bisa dimakan secara langsung atau dibuat bolu.

Tak hanya itu saja, tape juga bisa dijadikan sebagai es. Disamping itu, tape juga disebut sebagai lahan singkong rebus. Sebab untuk membuat tape, Kamu harus merebus singkong. Kemudian memberikan ragi dan menyimpannya di wadah selama 2 hari.

3. Singkong Keju

Jika Kamu tidak menyukai olahan singkong rebus, maka olahan singkong goreng bisa dijadikan sebagai pilihan. Salah satu olahan singkong goreng yaitu singkong keju. Menu ini biasanya diberi topping keju dengan jumlah yang banyak sehingga terasa lezat.

Selain keju, singkong akan diberi sedikit susu kental manis agar terasa lebih lezat. Menarinya, menu ini sering dijual di pinggir jalan atau pasar tradisional. Oleh karena itu, Kamu bisa menjadikan singkong keju sebagai ide jualan.

4. Donat Singkong 

Secara umum, donat terbuat dari tepung terigu. Namun beberapa orang sering menambahkan kentang dan ubi jalar. Tak hanya itu saja, Kamu juga bisa menambahkan singkong ke dalam adonan donat. Dengan demikian, rasa donat lebih gurih dan khas.

Sebelum menambahkan singkong, Kamu harus merebusnya terlebih dahulu. Kemudian, tumbuk halus singkong sebelum dicampur dengan bahan lain. Jika donat selesai dibuat, Kamu bisa memberikan topping yang unik dan menarik agar jualan laris di pasaran.

5. Keripik Singkong

Masyarakat Indonesia tentu sudah tidak asing dengan keripik singkong. Sebab keripik singkong sering dijadikan sebagai camilan keluarga saat dirumah. Selain itu, keripik singkong memiliki tekstur yang renyah sehingga disukai banyak orang.

Jika Kamu ingin jualan keripik singkong, berikan varian rasa yang lezat seperti pedas, manis, original, jagung dan lainnya. Dengan menerapkan cara ini, jualan akan laris di pasaran. Terlebih keripik singkong memiliki peminat yang cukup besar.

Nah, itulah rekomendasi olahan singkong yang enak dan lezat. Dimana, olahan tersebut cocok dijadikan sebagai ide bisnis ala homemade. Terlebih singkong mudah ditemukan serta harganya relatif terjangkau.

Dwi Synta
Hai saya Synta, seorang Reviewer Influencer dan Penulis di Rekomendasid.com, Saya merekomendasikan pengalaman saya dalam beberapa topik mulai dari Lifestyle, Teknologi, kuliner, Wisata, Barang
Posting Komentar