Rekomendasi Kuliner Legendaris di Banyuwangi, Cocok Dinikmati saat Liburan

Rekomendasi Kuliner Legendaris di Banyuwangi, Cocok Dinikmati saat Liburan

Rekomendasi Kuliner Legendaris di Banyuwangi, Cocok Dinikmati saat Liburan
Kuliner legendaris di Banyuwangi (Dok. Google Maps/ Lies Kurnia)


Rekomendasi - Wisata Banyuwangi tentu sudah tidak asing di telinga masyarakat Jawa Timur. Sebab wisata Banyuwangi memiliki jenis yang beragam. Tak hanya itu saja, banyak kuliner legendaris di Banyuwangi yang menarik perhatian para wisatawan.

Bagi Kamu yang merencanakan liburan di akhir pekan, Banyuwangi bisa menjadi pilihan. Sebab disini, Kamu bisa menikmati wisata alam sambil wisata kuliner. Meskipun cukup hits, wisata Banyuwangi memiliki harga tiket yang terjangkau bagi semua kalangan.

5 Kuliner Legendaris di Banyuwangi yang Menarik Dicoba

Rekomendasi Kuliner Legendaris di Banyuwangi, Cocok Dinikmati saat Liburan
Kuliner legendaris di Banyuwangi (Dok. Google Maps/ Bimbim Razor)

Pada saat berkunjung ke Banyuwangi, Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi baik motor ataupun mobil. Mengigat akses menuju daerah ini cukup mudah. Tak hanya itu saja, Kamu juga harus mencoba kuliner legendaris di Banyuwangi seperti:

1. Pecel Rawon Banyuwangi 

Sebagian wisatawan tentu masih asing dengan kudapan Banyuwangi yang satu ini. Karena, kuliner ini merupakan gabungan antara sayuran rebus berbumbu pecel dengan kuah rawon. Uniknya, kuah rawon juga bewarna hitam sehingga mirip rawon biasa.

Meskipun tergolong unik, namun pecel rawon Banyuwangi memiliki rasa pedas, gurih dan manis. Tak sampai situ saja, pecel rawon Banyuwangi juga dilengkapi dengan rempeyek diatasnya. Dengan demikian, cita rasa makanan ini semakin lezat.

2. Tahu Walik

Selain membeli pecel rawon, Kamu juga bisa membeli tahu walik khas Banyuwangi. Tahu walik sendiri merupakan tahu yang kulitnya dibalik dan digoreng hingga krispi. Kemudian bagian dalam tahu diberi adonan yang berisi daging ayam.

Agar terasa lebih lezat, Kamu bisa menyantap tahu walik dengan saus, bumbu petis, sambal, cabai rawit dan lainnya. Rasanya yang crispy, membuat tahu walik disukai banyak orang. Terlebih tahu walik bisa dijadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga.

3. Sego tempong

Jika Kamu mencari kuliner Banyuwangi siang, maka Sego tempong bisa dijadikan sebagai pilihan. Menariknya, kuliner ini bisa Kamu temukan di berbagai pelosok kota Banyuwangi. Bahkan, Sego tempong menjadi salah satu kuliner kebanggan Banyuwangi.

Secara umum, seporsi Sego tempong berisi nasi putih, sayuran rebus, tahu, tempe, ikan asin, dan sambal matah yang pedas. Rasa sambalnya yang pedas nampol, membuat kuliner ini disukai banyak orang. Terlebih Sego tempong bisa membuat perut kenyang.

4. Rujak Soto 

Selain Sego tempong, rujak soto juga termasuk kuliner Banyuwangi siang. Rujak disini identik dengan bumbu petis yang digabung dengan kuah soto. Dimana kuah soto ini berasal dari rebusan daging sapi dan jeroan sapi sehingga terasa lebih ngaldu.

Saat Kamu memesan rujak soto, terdapat beberapa isian di dalamnya seperti potongan jeroan sapi, potongan lontong dan juga ceker ayam. Rasanya yang pedas dan gurih, membuat kuliner ini cocok disantap saat pagi, siang ataupun malam hari.

5. Ayam kesrut

Pada dasarnya, Banyuwangi dikenal dengan kuliner pedasnya seperti ayam kesrut. Meskipun ayam kesrut memiliki kuah bening, namun rasa pedasnya bisa membuat keringat bercucuran. Oleh karena itu, kuliner ini tidak cocok bagi penderita maag.

Disamping itu, ayam kesrut merupakan olahan asli dari penduduk Banyuwangi. Dengan demikian, Kamu bisa mencobanya saat sedang liburan. Meskipun pedas, ayam kesrut juga memiliki sensasi asam yang berasal dari belimbing wuluh dan kecombrang.

Nah, itulah rekomendasi kuliner legendaris di Banyuwangi yang menarik untuk dicoba. Setelah mengetahuinya, Kamu bisa mengatur waktu untuk liburan di kota ini. Sebab banyak wisata alam dan tempat kuliner yang siap menunggu kedatanganmu.

Dwi Synta
Hai saya Synta, seorang Reviewer Influencer dan Penulis di Rekomendasid.com, Saya merekomendasikan pengalaman saya dalam beberapa topik mulai dari Lifestyle, Teknologi, kuliner, Wisata, Barang
Posting Komentar