Mengenal Organisasi Falah Foundation yang Bergerak di Berbagai Bidang, Komitmen Penuh Menghapus Kesenjangan Sosial

Mengenal Organisasi Falah Foundation yang Bergerak di Berbagai Bidang, Komitmen Penuh Menghapus Kesenjangan Sosial

Program Falah Foundation
Program Falah Foundation (Dok. Falah Foundation)


Rekomendasi - Organisasi Falah Foundation merupakan sebuah yayasan yang dikelola oleh para dermawan. Yayasan ini, bergerak dalam beberapa bidang seperti pendidikan, kesehatan dan pertanian. Dengan demikian, keberadaannya cukup penting.

Tak hanya itu saja, yayasan Falah Foundation juga berkomitmen untuk menghapus kesenjangan gender yang marak terjadi di kalangan masyarakat. Tak hanya itu saja, organisasi ini memiliki fokus utama memajukan SDM yang terlatih dan juga terampil.

Masyarakat yang cenderung bergantung dengan pemerintah, akan diberikan fasilitas agar bisa menghasilkan sumber daya sendiri. Meskipun memerlukan waktu yang tidak singkat, namun komitmen ini perlahan mulai memberikan hasil.

Program Kerja Organisasi Falah Foundation 

Program Falah Foundation
Program Falah Foundation (Dok. Falah Foundation)


Secara umum, FALAH merupakan singkatan dari Foundation for Awareness, Literacy, Agriculture and Health. Dimana organisasi ini telah terdaftar di Departemen Kesejahteraan Sosial sejak tahun 2002. Berikut program kerja Falah Foundation, yakni:

1. Bidang Kesehatan 

Sama halnya dengan organisasi sosial lainnya, Falah Foundation juga bergerak di bidang kesehatan. Dengan demikian, masyarakat bisa mendapatkan layanan kesehatan yang layak tanpa bergantung sepenuhnya kepada pemerintah setempat.

2. Bidang Pendidikan 

Dikutip dari https://falahfoundation.org, organisasi ini juga bergerak dalam bidang pendidikan. Hal ini bertujuan agar masyarakat mendapatkan pendidikan yang layak dan bisa mengembangkan SDM tanpa bergantung pada pemerintah dan lembaga terkait.

3. Pekerja Bantuan 

Dalam rangka mengembangkan SDM, organisasi ini memfasilitasi masyarakat agar mandiri secara finansial. Dengan demikian, masyarakat bisa memberikan kontribusi bagi lingkungan sekitar. Terlebih saat ini banyak platform untuk mengembangkan SDM.

4. Memberi Paket Makan pada Orang-orang Miskin, Janda dan Anak Yatim

Pada saat bulan Ramadhan, Organisasi Falah Foundation memberikan paket makanan untuk orang-orang miskin, janda dan anak yatim. Dengan adanya program ini, Mereka yang memberikan bantuan untuk orang lain lebih mudah dan tepat sasaran.

5. Pernikahan Gadis Miskin / Yatim Piatu

Dalam agama Islam, umat muslim dianjurkan untuk saling tolong-menolong. Oleh karena itu, organisasi ini hadir untuk membantu pernikahan gadis miskin dan yatim piatu. Mengingat gadis miskin dan yatim piatu memerlukan wali saat menggelar pernikahan.

6. Penyaluran Zakat pada Orang yang Berhak Menerima

Di zaman sekarang, banyak oknum yang menipu dengan dalil sumbangan. Bahkan hasil sumbangan biasanya masuk ke kantong pribadi. Namun, yayasan ini justru memberikan kemudahan bagi para dermawan yang ingin menyalurkan zakat dengan tepat. 

7. Perbaikan dan Perawatan Kuburan Desa

Berbeda dengan organisasi sosial lainnya yang hanya berfokus pada kegiatan kemanusiaan, Falah Foundation juga memperhatikan kondisi sekitar. Dimana, organisasi ini juga memiliki program perbaikan dan perawatan kuburan desa.

8. Penanaman Pohon untuk Memperbaiki Lingkungan 

Selain memperbaiki dan merawat kuburan desa, Falah Foundation juga melakukan penanaman pohon. Program ini sengaja dilakukan untuk memperbaiki lingkungan yang semakin hari mengalami kerusakan akibat pemanasan global dan juga polusi.

Tujuan Yayasan Falah Foundation Berdiri

Secara umum, yayasan ini berdiri untuk mencapai beberapa tujuan salah satunya yaitu meningkatkan SDM. Dengan meningkatkan SDM, tenaga kerja menjadi lebih terampil dan matang. Oleh karena itu, keberadaan organisasi ini cukup penting.

Tak hanya itu saja, organisasi ini juga berfokus pada pengembangan perempuan. Bahkan para perempuan bisa mendapatkan fasilitas berupa layanan kesehatan dan kesempatan untuk pendidikan profesional dan teknis.

Nah, itulah sekilas informasi tentang Yayasan Falah Foundation. Dimana organisasi sosial tersebut berisi orang-orang dermawan yang selalu membagi kebahagian untuk masyarakat. Bagi Kamu yang ingin berbagi, bisa melakukannya melalui organisasi ini. 

Dwi Synta
Hai saya Synta, seorang Reviewer Influencer dan Penulis di Rekomendasid.com, Saya merekomendasikan pengalaman saya dalam beberapa topik mulai dari Lifestyle, Teknologi, kuliner, Wisata, Barang
Posting Komentar