Cara Mengurus SIPTTK Online dengan Mudah, Anggota PAFI Wajib Tahu!

Cara Mengurus SIPTTK Online dengan Mudah, Anggota PAFI Wajib Tahu!

Cara mengurus SIPTTK online
Cara mengurus SIPTTK online 


Rekomendasi SIPTTK atau Surat Izin Praktik Tenaga Teknis Kefarmasian adalah izin yang diberikan kepada seseorang yang telah memenuhi syarat sebagai tenaga farmasi. Oleh karena itu, para tenaga farmasi harus mengetahui cara mengurus SIPTTK online.

Surat ini memang diperlukan untuk mendaftarkan diri sebagai anggota PAFI. Namun sebelum itu, Kamu harus memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan oleh Dinas Kesehatan. Sebab surat ini dikeluarkan oleh pemerintah daerah/kota sesuai domisili.

Selain itu, surat ini diberikan kepada tenaga ahli farmasi sebagai pemberi kewenangan dalam menjalankan praktik kefarmasian. Terlebih bidang farmasi memiliki hubungan erat dengan masyarakat, sehingga Kamu harus mengurus Izin SIPTTK sebelum praktik.

Persyaratan Mengurus SIPTTK 

Cara mengurus SIPTTK online
Cara mengurus SIPTTK online 

Sebelum mendaftar SIPTTK, sebaliknya Kamu mengunjungi situs pafipclamongan.org . Sebab dalam situs tersebut terdapat banyak informasi seputar bidang farmasi. Sementara Kamu yang ingin mengurus SIPTTK, harus memenuhi persyaratan berikut:

1. Persyaratan SIPTTK Baru

Secara umum,m persyaratan untuk membuat SIPTTK baru dan perpanjangan memang sedikit berbeda. Oleh karena itu, Kamu harus memenuhi dokumen persyaratan sesuai kebutuhan. Berikut beberapa syarat membuat SIPTTK baru, yakni:

  1. KTP-el ( KITAS untuk WNA)
  2. Surat keterangan dari tempat bekerja baik klinik atau rumah sakit
  3. Surat izin tidak sakit dari dokter yang sudah memiliki SIP (Surat Izin Praktik)
  4. Surat rekomendasi dari apoteker yang telah memiliki STRA, ataupun pimpinan dari institusi pendidikan lulusan
  5. Membuat surat pernyataan mematuhi ketentuan etika kefarmasian 
  6. Pas foto bewarna dengan ukuran 4 X 6
  7. Surat rekomendasi dari organisasi profesi 

2. Persyaratan SIPTTK Perpanjangan 

  1. Bila masa SIPTTK akan habis, Kamu bisa mengajukan perpanjangan. Dimana Kamu harus melengkapi beberapa dokumen yang telah ditentukan oleh lembaga terkait. Berikut beberapa persyaratan untuk perpanjangan SIPTTK yakni:
  2. Surat izin praktik lama
  3. Surat izin tidak sakit dari dokter yang sudah memiliki SIP
  4. Surat rekomendasi dari Apoteker yang memiliki STRA
  5. Pas foto terbaru bewarna dengan ukuran 4 × 6
  6. Surat rekomendasi dari organisasi profesi 

Cara Mengurus SIPTTK Online dengan Mudah dan Cepat

Secara umum, cara mengurus SIPTTK terbagi menjadi beberapa tahapan baik secara online ataupun offline. Namun mengurus SIPTTK secara online kini telah dipilih oleh para tenaga ahli sebab lebih praktis. Berikut prosedur mengurus SIPTTK dengan mudah:

1. Kunjungi Website DPMPTSP Kota Terkait

Ketika akan mengajukan SIPTTK, Kamu bisa menghubungi situs website DPMPTSP kota terkait. Apabila Kamu berasal dari kota Lamongan, maka kunjungi DPMPTSP kota Lamongan untuk mengetahui prosedur pengurusan SIPTTK baru ataupun perpanjangan.

2. Buat Akun di Aplikasi SMART

Sama halnya dengan aplikasi lainnya, Kamu harus membuat akun terlebih dahulu pada aplikasi SMART untuk mendaftar SIPTTK. Ketika membuat akun, Kamu harus memasukkan data diri sesuai dengan identitas pribadi.

3. Lengkapi Berkas Administrasi 

Seperti yang telah dibahas di atas, Kamu memerlukan beberapa dokumen penting untuk mendaftar SIPTTK. Dimana dokumen tersebut harus diunggah pada aplikasi. Oleh karena itu, pastikan bahwa dokumen yang akan digunakan sudah lengkap.

4. Pemohon Mengambil Surat Izin 

Jika semua tahapan telah selesai dilalui, Kamu bisa mengambil surat izin praktik. Selain itu, Kamu harus memastikan bahwa surat tersebut digunakan untuk kepentingan yang sesuai. Tujuannya agar surat tersebut bisa diperpanjang kelak dikemudian hari.

Biasanya proses pengajuan SIPTTK akan diproses selama 3 hari. Selain itu, Kamu tidak perlu membayar biaya administrasi sebab layanan ini gratis. Namun Kamu harus mengetahui cara mengurus SIPTTK online agar proses pengurusan lebih mudah.

Dwi Synta
Hai saya Synta, seorang Reviewer Influencer dan Penulis di Rekomendasid.com, Saya merekomendasikan pengalaman saya dalam beberapa topik mulai dari Lifestyle, Teknologi, kuliner, Wisata, Barang
Posting Komentar