Cara Mengurus KTAN Rusak atau Hilang, Anggota PAFI Wajib Tahu!

Cara Mengurus KTAN Rusak atau Hilang, Anggota PAFI Wajib Tahu!

Cara mengurus KTAN rusak
Cara mengurus KTAN rusak 


Rekomendasi Beberapa anggota PAFI sering mengeluhkan KTAN rusak. Padahal terdapat beberapa cara untuk mengurusnya. Meskipun demikian, anggota PAFI harus melengkapi dokumen yang diperlukan untuk mengurus KTAN baru di kantor cabang.

KTAN merupakan kartu yang menunjukkan keanggotaan suatu organisasi. Dengan KTAN PAFI Kamu bisa mendapatkan hak sebagai anggota sama halnya dengan anggota lainnya. Selain itu, Kamu bisa mengajukan mutasi keanggotaan melalui KTAN.

Secara umum, KTAN memiliki banyak fungsi. Oleh karena itu, usahakan untuk menyimpan KTAN di tempat yang aman agar tidak hilang atau rusak. Terlebih banyak program-program PAFI yang bisa Kamu ikuti jika melampirkan scan KTAN PAFI. 

Alur Pengurusan KTAN Rusak dan Hilang 

Cara mengurus KTAN rusak
Cara mengurus KTAN rusak 


Bagi Kamu yang kehilangan KTAN PAFI, tidak perlu khawatir lagi. Sebab terdapat beberapa cara untuk mengurusnya. Namun sebelum itu, Kamu bisa melihat situs pafimajalengkakota.org.  Berikut cara mengurus KTAN yang rusak ataupun hilang, yakni:

1. Membawa Surat Keterangan Kehilangan dari Pihak Kepolisian 

Apabila Kamu kehilangan dokumen yang penting, biasanya pengurusannya tidak mudah. Sebab Kamu harus membawa surat keterangan kehilangan dari pihak kepolisian. Artinya Kamu harus meminta surat keterangan kehilangan terlebih dahulu ke polisi.

Surat tersebut nantinya akan digunakan untuk mengurus KTAN yang hilang atau rusak. Ketika mencari surat keterangan kehilangan dari pihak kepolisian, Kamu akan dicecar dengan beberapa pertanyaan. Oleh karena itu, jawab pertanyaan tersebut dengan benar.

2. Menunjukkan Bukti Transfer 

Ketika mengurus KTAN yang hilang, Kamu harus membayar biaya administrasi sebesar Rp 20.001. Setelah melakukan pembayaran, Kamu harus menyimpannya dengan baik. Sebab bukti pembayaran administrasi dapat digunakan untuk mengurus KTAN.

Kode 1 setelah nominal Rp 20.000, merupakan kode yang ditetapkan oleh PAFI saat melakukan transaksi. Oleh karena itu, Kamu harus menambahkan kode tersebut saat transfer. Hal ini ber agar proses pembuatan KTAN baru segera ditindaklanjuti pengurus.

3. FC KTAN Lama

Cara mengurus KTAN rusak atau hilang memang cukup panjang. Terlebih Kamu harus menyertakan FC KTAN Lama. Dimana KTAN lama bisa diperoleh dari menu cetak KTAN dari web. Oleh karena itu, Kamu harus mengunjungi situs PAFI sesuai cabang domisili.

Ketika sudah mendapatkan KTAN Lama kamu bisa mencetaknya sebagai salah satu syarat mengajukan KTAN baru. Pastikan melengkapi syarat ini agar proses pengurusan KTAN baru segera diproses oleh pengurus cabang sesuai domisili masing-masing.

Alur Pengambilan KTAN Baru 

Setelah memenuhi semua persyaratan yang telah ditetapkan, biasanya Kamu akan mendapatkan KTAN baru. Meskipun demikian, Kamu harus melakukan beberapa langkah untuk mengambil KTAN baru, seperti:

1. Cek KTAN Lama dan Baru

Sebelum mengambil KTAN Baru, Kamu harus melakukan pengecekan dengan cara melihat KTAN Lama dan KTAN baru pada website PAFI cabang. Website PAFI ini bisa disesuaikan dengan domisili, artinya anggota PAFI Majalengka bisa cek di web cabang.

2. Ambil Berkas di Kesekretariatan 

Setelah membuat KTAN baru, Kamu bisa mengambil berkas di kesekretariatan. Dimana lokasi kesekretariatan biasa disesuaikan dengan lokasi atau domisili anggota. Oleh karena itu, sebelum mengambil berkas cari lokasi kesekretariatan terlebih dahulu. 

Itulah cara mengurus KTAN rusak yang dapat dijadikan sebagai referensi. Meskipun KTAN bisa dibuat kembali, namun Kamu harus merawatnya dengan baik. Sebab pembuatan KTAN baru memerlukan proses panjang sehingga memakan waktu.

Dwi Synta
Hai saya Synta, seorang Reviewer Influencer dan Penulis di Rekomendasid.com, Saya merekomendasikan pengalaman saya dalam beberapa topik mulai dari Lifestyle, Teknologi, kuliner, Wisata, Barang
Posting Komentar