Rekomendasi Makanan khas Papua yang Terkenal Lezat dan Unik, Tertarik Mencoba?

Rekomendasi Makanan khas Papua yang Terkenal Lezat dan Unik, Tertarik Mencoba?

Makanan khas Papua
Makanan khas Papua


Rekomendasi - Papua merupakan salah satu daerah di Indonesia yang memiliki beragam kuliner. Menariknya makanan khas Papua terbuat dari rempah pilihan, sehingga lebih sehat. Selain Itu, kuliner dari Papua juga terkenal bentuknya yang unik.

Selain mengunjungi destinasi wisata alam yang berada di Papua Kamu juga harus meluangkan waktu untuk mencoba kulinernya. Sebab sudah banyak masyarakat dari luar kota yang mencoba aneka kuliner yang berasal dari daerah Papua.

5 Makanan khas Papua yang Enak dan Lezat

Makanan khas Papua
Makanan khas Papua

Di Papua, Kamu bisa menemukan aneka kuliner dengan rasa manis ataupun asin. Selain itu, bumbu yang digunakan untuk membuat masakan cukup melimpah. Berikut beberapa kuliner dari Papua yang wajib dicoba bersama dengan keluarga tercinta, yakni:

1. Udang Selingkuh 

Secara umum, makanan yang satu ini berasal dari udang air tawar. Disebut sebagai udang selingkuh karena udang yang digunakan memiliki bentuk seperti kepiting. Menariknya, tekstur dari udang selingkuh cukup berserat dengan rasa manis alami.

Sebagian orang berpendapat bahwa rasa udang selingkuh mirip dengan lobster. Selain itu, udang ini bisa ditemukan di daerah sungai Baliem, kabupaten Jayawijaya. Hidangan udang selingkuh bisa digoreng ataupun disajikan dengan tumis bunga pepaya.

2. Ikan Bakar Manokwari

Jika Kamu mencari makanan khas Papua Barat, maka ikan bakar manokwari dapat dijadikan sebagai pilihan. Secara umum, makanan khas Papua Barat yang satu ini berasal dari ikan tongkol berukuran besar. Selain itu, ikan ini akan dilumuri dengan lemon.

Selain jeruk lemon, ikan bakar manokwari juga akan dilumuri dengan garam dan rempah lainnya. Rasanya yang lezat membuat, makanan khas Papua Barat ini populer. Terlebih terdapat kandungan gizi dalam makanan ini, sehingga aman jika sering dikonsumsi.

3. Kue Sagu (Bagea)

Apabila Kamu mencari kue khas Papua, maka kue sagu pilihannya. Sesuai dengan namanya, kue ini memang dibuat dengan bahan utama sagu. Tekstur kue khas Papua yang satu ini cukup keras. Namun saat dimasukkan dalam mulut teksturnya melunak.

Rasanya yang manis dan gurih membuat kue khas Papua cukup diminati. Terlebih Kamu dapat membeli kue sagu sebagai oleh-oleh ketika pulang kerumah. Mengigat kue sagu dapat tahan lama, sehingga sering dibeli oleh para wisatawan dari luar kota.

4. Papeda

Menjadi salah satu makanan khas Papua, membuat Papeda cukup populer. Terlebih papeda termasuk makanan pokok bagi masyarakat asli Papua dan masyarakat Timur. Secara umum, papeda merupakan makanan yang terbuat dari sagu dan bumbu lainnya.

Selain itu, papeda biasanya disajikan dengan ikan kuning yang memiliki rasa asam. Kuliner legendaris Papua yang satu ini memang cukup populer. Terlebih Kamu bisa menemukan kuliner legendaris khas Papua dengan mudah saat berkunjung ke Papua.

5. Aunu Senebre

Secara umum, masyarakat Papua lebih sering menggunakan bahan alami untuk membuat makanan. Bahkan bahan yang digunakan mudah dicari di alam sekitar. Salah satu kuliner legendaris khas Papua yang berasal dari bahan alami yaitu Aini Senebre.

Kuliner legendaris khas Papua ini terbuat dari ikan teri dan daun talas. Sebelum direbus, bahan tersebut akan ditambah dengan parutan kelapa. Rasanya yang gurih dan asin, membuat masyarakat sekitar menjadikanya sebagai lauk untuk makan.

Makanan khas Papua memang cukup beragam, mulai dari asin hingga manis. Kualitas rasanya yang lezat, membuat Papua cukup populer di kalangan masyarakat. Terlebih kondisi alam Papua masih cukup asri, sehingga cocok dijadikan sebagai tujuan liburan.

Dwi Synta
Hai saya Synta, seorang Reviewer Influencer dan Penulis di Rekomendasid.com, Saya merekomendasikan pengalaman saya dalam beberapa topik mulai dari Lifestyle, Teknologi, kuliner, Wisata, Barang
Posting Komentar