Komponen Surat Rekomendasi Kepala Sekolah yang Cukup Populer

Komponen Surat Rekomendasi Kepala Sekolah yang Cukup Populer

Surat Rekomendasi Kepala Sekolah
Surat Rekomendasi Kepala Sekolah


Rekomendasi Sejatinya tidak ada komponen atau format paten untuk membuat surat rekomendasi. Namun terdapat komponen surat rekomendasi kepala sekolah yang lazim atau populer digunakan, baik oleh lembaga pendidikan negeri ataupun swasta.

Surat rekomendasi sekolah memang memiliki banyak manfaat, baik untuk tenaga pendidik yang akan melanjutkan pendidikan atau siswa yang mengajukan pendaftaran beasiswa. Oleh karena itu, banyak pihak yang mencari surat rekomendasi sekolah. 

5 Komponen Surat Rekomendasi Kepala Sekolah

Surat Rekomendasi Kepala Sekolah
Surat Rekomendasi Kepala Sekolah

Seperti yang diketahui, kepala sekolah merupakan pemegang jabatan tertinggi di suatu sekolah. Artinya, kepala sekolah berhak mengeluarkan surat edaran ataupun surat rekomendasi. Adapun komponen yang terdapat pada surat rekomendasi meliputi:

1. Kop Surat

Sama halnya dengan surat formal pada umumnya, surat rekomendasi sekolah juga memiliki kop surat. Dengan adanya kopi surat, surat rekomendasi dapat terlihat kredibel. Terlebih dalam kopi surat terdapat informasi tentang nama sekolah.

Baca Juga:

Contoh Surat Rekomendasi Dinas Beserta Formatnya yang Benar

Tidak hanya itu saja, dalam kop surat biasanya terdapat informasi tentang alamat hingga kontak sekolah terkait. Hal ini menunjukkan bahwa pemohon merupakan salah satu bagian dari sekolah tersebut, sehingga berhak mendapatkan surat rekomendasi.

2. Judul Surat

Ketika membuat surat, biasanya penulis akan memberikan judul sesuai kepentingan surat. Jika surat rekomendasi dibuat untuk permohonan beasiswa, maka terdapat judul yang mewakili isi. Namun ada beberapa yang tidak menyertakan judul surat.

Sebagian besar, beberapa sekolah tidak memberikan judul surat melainkan nomor. Hal ini menunjukkan bahwa surat tersebut dikeluarkan oleh lembaga resmi, yang dapat dipertanggungjawabkan. Bahkan surat tersebut dapat digunakan untuk hal-hal penting.

3. Nomor dan Tanggal

Sebagian besar, banyak lembaga pendidikan yang membuat surat rekomendasi kepala sekolah untuk lomba. Sebab surat rekomendasi kepala sekolah untuk lomba menjadi berkas dalam sebuah event. Dalam surat rekomendasi biasanya terdapat nomor.

Nomor dan tanggal mungkin jarang ditemukan dalam surat non formal. Sebab nomor dan tanggal merupakan identitas dalam surat. Nomor biasanya berkaitan dengan nomor keluarnya surat, sementara tanggal merupakan waktu penandatanganan surat.

4. Isi Surat

Bagian ini menjadi poin penting dalam surat rekomendasi kepala sekolah. Sebab dalam isi terdapat informasi penting terkait pemohon. Apabila pemohon akan mengajukan beasiswa ke kampus, maka penulis akan memberikan daftar pencapaian dari pemohon.

Baca Juga:

Contoh Surat Rekomendasi Kepala Sekolah Lengkap dengan Formatnya

Dengan dorongan atau bukti pendukung tersebut, pemohon bisa mendapatkan kepercayaan dari lembaga yang diinginkan. Hal inilah yang membuat surat rekomendasi memiliki banyak manfaat dalam bidang pendidikan, pekerjaan atau bidang lainnya.

5. Penutup 

Manfaat surat rekomendasi memang cukup beragam, sehingga pemohon tidak boleh menggunakannya tanpa prosedur dari pemberi surat. Selain itu, dalam surat rekomendasi terdapat bagian penutup yang berisi harapan penulis terkait surat tersebut.

Tidak hanya itu saja, bagian penutup juga berisi tentang kesedihan pertanggungjawaban dari pihak penulis. Namun pertanggungjawaban tersebut bersifat logis. Selain itu, penulis juga harus menyertakan nomor dan identitas lengkap dari pemberi surat.

Manfaat Surat Rekomendasi Secara Umum

Surat rekomendasi dalam instansi tertentu memang cukup penting. Sebab Suran ini dijadikan sebagai sumber pendukung bagi pelajar yang akan mengikuti lomba ataupun guru yang akan mengajukan pengangkatan jabatan.

Meskipun manfaat surat rekomendasi cukup besar, namun Kamu tidak diperbolehkan membuat surat palsu. Sebab surat rekomendasi harus dibuat oleh pihak berwenang yang memiliki jabatan tertinggi dalam suatu instansi.

Itulah beberapa informasi penting terkait komponen surat rekomendasi kepala sekolah. Setelah mengetahuinya, Kamu bisa menjadikan sebagai referensi saat mengajukan surat rekomendasi. Terlebih surat rekomendasi memiliki banyak manfaat.

Dwi Synta
Hai saya Synta, seorang Reviewer Influencer dan Penulis di Rekomendasid.com, Saya merekomendasikan pengalaman saya dalam beberapa topik mulai dari Lifestyle, Teknologi, kuliner, Wisata, Barang
Posting Komentar