Contoh Surat Rekomendasi Kepala Sekolah Lengkap dengan Formatnya

Contoh Surat Rekomendasi Kepala Sekolah Lengkap dengan Formatnya

Contoh Surat Rekomendasi Kepala Sekolah
Contoh Surat Rekomendasi Kepala Sekolah 


Rekomendasi Contoh surat rekomendasi kepala sekolah sering menjadi pertanyaan banyak orang. Sebab surat rekomendasi dari kepala sekolah sangat diperlukan oleh siswa yang ingin mengikuti lomba ataupun guru yang akan melanjutkan pendidikan.

Dalam surat rekomendasi, biasanya dijelaskan alasan mengapa kepala sekolah memberikan surat rekomendasi kepada pemohon. Selain itu, terdapat tanda tangan kepala sekolah yang membuat surat rekomendasi lebih kredibel dan juga terpercaya.

Format Surat Rekomendasi Secara Lengkap

Contoh Surat Rekomendasi Kepala Sekolah
Contoh Surat Rekomendasi Kepala Sekolah 

Secara umum, format surat rekomendasi hampir sama satu sama lain. Artinya, format surat rekomendasi meliputi kop, keterangan hingga stempel. Berikut format lengkap surat rekomendasi yang dapat dijadikan referensi bagi pembuat surat, yakni:

1. Pengenalan Singkat

Manfaat surat rekomendasi memang cukup banyak, baik untuk instansi ataupun oknum tertentu. Ketika membuat surat rekomendasi, biasanya pembuat akan melakukan pengenalan singkat. Tujuannya agar surat rekomendasi terlihat lebih terpercaya.

Baca Juga:

Rekomendasi Aplikasi Baca Komik yang Cocok untuk Android

Tidak hanya itu saja, pengenalan singkat juga menjelaskan hubungan antara pembuat surat dengan pemohon. Dalam bagian ini, pembuat surat juga harus menyertakan lembaga terkait. Selain itu, di bagian ini harus memuat data pemohon secara singkat.

2. Tujuan Surat Rekomendasi 

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, manfaat surat rekomendasi memang beragam. Oleh karena itu, pembuat surat harus menyertakan tujuan dari surat rekomendasi. Bagian ini berisi tentang pandangan pembuat surat kepada pemohon.

Apabila surat rekomendasi diberikan kepada guru yang akan melanjutkan pendidikan, maka pembuat surat harus menyertakan tujuan universitas dan tahun akademik. Selain itu, pembuat surat juga harus menyertakan jurusan yang diinginkan oleh pemohon.

3. Kalimat Penutup

Sama halnya dengan surat biasa, surat rekomendasi juga harus diisi kalimat penutup pada paragraf akhir. Kalimat penutup harus dibuat singkat dan tidak terlalu bertele-tele. Sebab surat rekomendasi biasanya memuat informasi yang singkat namun jelas.

Apabila surat rekomendasi bersifat format, biasanya pembuat surat akan menambahkan kalimat "Demikian surat ini dibuat agar bisa digunakan sebagaimana mestinya". Dimana kalimat tersebut dibuat agar surat tidak disalah gunakan.

4. Tanda Tangan

Sama halnya dengan surat formal pada umumnya, surat rekomendasi juga dilengkapi dengan tanda tangan dan stempel. Hal inilah yang membuat manfaat surat rekomendasi lebih besar. Terlebih ganda tangan akan membuat surat lebih kredibel.

Baca Juga:

Contoh Surat Rekomendasi Dinas Beserta Formatnya yang Benar

Ketika memberikan tanda tangan, pembuat surat juga harus menyertakan nama terang, jabatan dan NIP. Jika surat rekomendasi dibuat secara lengkap, maka bisa mendatangkan banyak keuntungan bagi pemohon dan juga instansi yang dituju.

Contoh Surat Rekomendasi Kepala Sekolah yang Benar

Surat rekomendasi sekolah memang cukup penting dalam lembaga pendidikan. Sebab surat rekomendasi sekolah bisa digunakan untuk melanjutkan pendidikan, mengikuti lomba atau magang. Berikut contoh surat rekomendasi kepala sekolah yang benar:

KOP SURAT

SURAT REKOMENDASI SEKOLAH 

Nomor: 124/SMKPR-SR/06/2024


Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama. : Fadila Dwifa, M.pd

NIP. : 08911061103

Jabatan. : Kepala Sekolah SMK PGRI 1 Ponorogo 

Alamat : Jalan Arjuna, No.05, Kec. Ponorogo, Kab. Ponorogo 

Menyatakan bahwa yang bernama berikut ini:

Nama. : Rahayu Putri, S.Pd

NIP. : 51041137432

Jabatan : Wali Kelas X OTKP 1

Alamat. : Jalan Angkasa, No.15, Kec. Ponorogo, Kab. Ponorogo

Benar-benar tenaga pendidik di SMK PGRI 1 Ponorogo dan sampai saat ini masih aktif mengajar. Kami merekomendasikan nama diatas untuk dapat melanjutkan pendidikan tahun akademik 2024/2025 di jurusan Pendidikan Guru Universitas Terbuka Ponorogo.

Ponorogo, 19 Juni 2024

Kepala SMK PGRI 1 Ponorogo 


Fadila Dwifa, M.Pd

08911061103

Itulah contoh surat rekomendasi kepala sekolah yang ditujukan untuk guru. Dimana dalam contoh tersebut dijelaskan bahwa guru SMK PGRI 1 Ponorogo akan melanjutkan pendidikan di Universitas Terbuka, sehingga memerlukan surat rekomendasi.

Dwi Synta
Hai saya Synta, seorang Reviewer Influencer dan Penulis di Rekomendasid.com, Saya merekomendasikan pengalaman saya dalam beberapa topik mulai dari Lifestyle, Teknologi, kuliner, Wisata, Barang
Posting Komentar