Contoh Surat Rekomendasi Dinas Beserta Formatnya yang Benar

Contoh Surat Rekomendasi Dinas Beserta Formatnya yang Benar

Contoh surat rekomendasi dinas
Contoh surat rekomendasi dinas 


Rekomendasi - Surat rekomendasi merupakan dokumen pendukung yang diperlukan untuk melengkapi berkas administrasi. Bahkan banyak contoh surat rekomendasi dinas yang bisa dijadikan sebagai referensi oleh pemegang kekuasaan tertinggi di instansi.

Secara umum, surat rekomendasi merupakan penjelasan baik tentang kualitas pemohon. Oleh karena itu, surat rekomendasi sifatnya penting baik untuk Pegawai, mahasiswa atau pelajar. Sebab dengan surat rekomendasi value diri akan meningkat.

Jenis-jenis Surat Rekomendasi Secara Umum

Contoh surat rekomendasi dinas
Contoh surat rekomendasi dinas 

Contoh surat rekomendasi Dinas Kesehatan cukup populer. Sebelum mempelajari contoh surat rekomendasi dinas, sebaiknya Kamu memahami jenis-jenis surat rekomendasi. Berikut beberapa jenis surat rekomendasi secara umum, yakni:

1. Surat Rekomendasi Akademis

Secara umum, surat rekomendasi ini digunakan oleh pelajar untuk mendaftar di suatu institusi pendidikan. Dimana surat ini menunjukan tentang karakteristik dan prestasi akademis yang dimiliki pelajar. Tujuannya agar pendaftar bisa bergabung di instansi itu.

Baca Juga:

Rekomendasi Buku Psikologi yang Menarik Dibaca oleh Anak Muda

Contoh surat rekomendasi pendidikan memang cukup banyak. Meskipun demikian, contoh surat rekomendasi pendidikan tidak dapat dijadikan sebagai referensi untuk membuat dokumen palsu. Sebab surat rekomendasi harus dibuat oleh pihak berwenang.

2. Surat Rekomendasi Pekerjaan 

Selain contoh surat rekomendasi pendidikan, contoh surat rekomendasi pekerjaan juga populer. Dimana surat ini bermanfaat bagi pencari kerja. Terlebih beberapa perusahaan sering menjadikan surat rekomendasi sebagai salah satu syarat melamar pekerjaan.

Pada dasarnya, surat rekomendasi kerja dibuat oleh atasan tempat kerja sebelumnya. Contoh surat rekomendasi pekerjaan memang terlihat sederhana. Namun surat ini memiliki peran dan manfaat yang besar bagi pejuang lowongan kerja.

3. Surat Rekomendasi Karakter

Sebagian orang tentu sedikit asing dengan surat rekomendasi ini. Sebab surat rekomendasi karakter biasa dibuat untuk mengetahui karakter seseorang seperti situasi hukum ataupun pengadopsian anak. Hal ini tergantung masing-masing situasi.

Baca Juga:

Rekomendasi PC Desktop Terbaik di Indonesia Tahun 2024, Dijamin Aktivitas Makin Lancar!

Meskipun berbeda dengan contoh surat rekomendasi kerja, namun surat ini memiliki peran yang tak kalah penting. Oleh karena itu, Kamu juga harus mempelajari surat rekomendasi karakter agar tidak kesulitan saat membutuhkannya dikemudian hari.

Contoh Surat Rekomendasi Dinas yang Baik dan Benar

Setelah mempelajari jenis-jenis surat rekomendasi, Kamu juga harus mempelajari contoh surat rekomendasi dinas kesehatan dan lainnya. Berikut beberapa contoh surat rekomendasi dinas yang dapat dijadikan sebagai pilihan, yakni:

1. Surat Rekomendasi Usulan atau Dinas

Surat Rekomendasi Pengangkatan dari Jabatan Lain

Menjadi Pejabat Fungsional Pranata Komputer 

Kepada Yth.

Kepala Kepegawaian Pusat

Di Tempat.


Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama. : Rudi Irawan

NIP. :2001230425786

Jabatan : Kepala Bagian


Menyatakan setuju, bahwa Pegawai Negeri Sipil berikut ini:

Nama. : Renda Putra 

NIP. : 200313081967577

Pangkat : 1/A

Jabatan : Staff

Diusulkan pengangkatan pertamakali/ dari jabatan lain menjadi pejabat Fungsional Pranata Komputer. Yang bersangkutan sudah memiliki pengalaman kerja di bidang teknologi selama 3 tahun. 

Atas perhatian yang diberikan

Kami ucapkan terimakasih.

Ponorogo, 18 Juni 2024

(Tanda Tangan)

Rudi Irawan

NIP: 2001230425786

2. Surat Perjalanan Dinas

Kop Surat

SURAT PERINTAH PERJALANAN DINAS

No. 800/072/432.82.25.18/2024


Pejabat yang Memberi Perintah. : Kepala Sekolah

Nama Pegawai yang Diberi Perintah : Syintia Dewi 

Jabatan. : Guru

Perjalan Dinas yang diperintahkan : Dari SMK PGRI 1 Ponorogo Ke Yogyakarta 

Perjalanan dinas yang direncanakan:

Selama. : 1 Hari

Dari tanggal. : 18 Juni 2024

s.d tanggal. : 19 Juni 2024

Maksud Perjalanan Dinas. : Pendampingan Kegiatan Study Tour

Perhitungan Biaya Dinas. : -

Ponorogo, 16 Juni 2024

Kepala Sekolah

Febri Putri Pertiwi, S,P

Itulah contoh surat rekomendasi dinas beserta formatnya yang benar. Setelah mengetahuinya, Kamu harus menggunakan surat rekomendasi dengan bijak. Hal ini bertujuan agar tidak ada pihak yang dirugikan atas penggunaan surat rekomendasi.

Dwi Synta
Hai saya Synta, seorang Reviewer Influencer dan Penulis di Rekomendasid.com, Saya merekomendasikan pengalaman saya dalam beberapa topik mulai dari Lifestyle, Teknologi, kuliner, Wisata, Barang
Posting Komentar