7 Rekomendasi Kuliner Madiun Berbagai Rasa

7 Rekomendasi Kuliner Madiun Berbagai Rasa

7 Rekomendasi Kuliner Madiun Berbagai Rasa


Rekomendasi - Semua kuliner Madiun memiliki rasa yang lezat dan selalu menjadi primadona di warung yang ada di pinggir jalan. Sebenarnya makanan khas Madiun sudah tersebar di kota-kota lainnya misalnya nasi pecel.

Walaupun Madiun adalah salah satu kota kecil di Jawa Timur, tetapi kota ini menjadi incaran banyak wisatawan. Makanan khas Madiun memiliki cita rasa yang lezat karena resepnya diwariskan secara turun temurun.


Kuliner Madiun

7 Rekomendasi Kuliner Madiun Berbagai Rasa


Bagi Anda yang sedang berkunjung ke Madiun namun masih bingung akan membeli makanan apa bisa simak beberapa rekomendasi makanan di bawah ini.


1.  Nasi Pecel

Nasi pecel adalah makanan yang dijual di tempat lain, namun rasanya jelas berbeda apabila Anda membelinya langsung di Madiun. Selain itu terdapat perbedaan dari nasi pecel Madiun dan wilayah lainnya.

Nasi pecel Madiun disediakan dengan wadah yang terbuat dari daun pisang lalu ditambah dengan kerupuk nasi dan kembang turi. Adapun isian dari nasi pecel Madiun adalah telur puyuh, rempeyek, ayam, tahu, dan tempe.


2.  Rujak Petis

Rujak petis adalah salah satu kuliner Madiun yang bisa Anda coba jika berkunjung ke kota ini. Seperti yang Anda tahu bahwa petis adalah bumbu khas Jawa Timur yang sudah terkenal, jadi Anda bisa mencobanya langsung di Madiun.

Isian dari rujak petis adalah mentimun, tauge rebus, kangkung, tahu, mendoan atau tempe goreng yang digoreng setengah kering.


3.  Soto Kutilang

Soto kutilang adalah makanan berkuah yang sangat direkomendasikan untuk Anda. Jika Anda tertarik mencoba soto kutilang bisa mampir ke warung legendaris yaitu di warung soto kampung Bu Topo.

Orang-orang menyebutnya dengan soto kutilang karena makanan ini dijual di Jalan Kutilang. Selain itu, soto kutilang juga memiliki ciri khas tersendiri yaitu berupa daging yang disajikan sangat banyak.


4.  Ayam Panggang Madiun

Berikutnya ada ayam panggang khas Madiun yang bisa Anda coba dan Anda bisa datang ke Desa Gandu. Ayam panggang khas Madiun adalah makanan yang memiliki aroma ketumbar yang kuat dan rasanya pedas sehingga membuat Anda bisa menyantapnya dengan lahap.


5.  Brem

Brem adalah kuliner Madiun yang bisa Anda jadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Makanan ini terbuat dari sari ketan yang difermentasikan sehingga rasa yang dihasilkan cukup unik.

Rasanya seperti perpaduan antara sensasi dingin, segar, asam, dan manis saat digigit sehingga Anda pasti ketagihan.


6.  Pentol Corah

Pentol corah adalah makanan khas Madiun yang bisa Anda temukan di Kelurahan Rejomulyo, Kecamatan Kartoharjo. Pentol corah adalah salah satu makanan unik khususnya dari bentuk potongannya.

Keistimewaan dari pentol corah adalah kepedasan sausnya yang membuat banyak orang tertarik. Sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin mencoba camilan khas Madiun.


7.  Nasi Jotos

Bagi Anda yang mencari rekomendasi makanan berat khas Madiun tidak ada salahnya untuk mencoba nasi jotos. Nasi jotos adalah makanan yang hampir sama dengan nasi kucing. Adapun isi nya berupa tempe kering, sambal, mie goreng, dan telur dadar.

Anda bisa dengan mudah mendapatkan nasi jotos karena makanan ini dijual di banyak tempat yang ada di Madiun. Nasi jotos adalah salah satu rekomendasi kuliner khas Madiun yang bisa Anda temukan saat malam hari.


Kuliner Madiun di atas bisa Anda jadikan sebagai referensi jika Anda tertarik melakukan wisata kuliner Madiun. Jadi, Anda bisa mencatat informasi di atas sebelum berkunjung di Madiun untuk mendapatkan gambaran mengenai kuliner yang ada di sana. 


Gita Welastiningtias
Halo aku Gita, terimakasih sudah mau mampir di blogku. Kalau mau kepoin instagramku bisa di @dunia.gita atau @gitawelasti.
Posting Komentar