7 Rekomendasi Kuliner Balikpapan yang Layak Dicoba

7 Rekomendasi Kuliner Balikpapan yang Layak Dicoba

7 Rekomendasi Kuliner Balikpapan yang Layak Dicoba


Rekomendasi - Salah satu daya tarik dari Balikpapan adalah memiliki kuliner Balikpapan yang rasanya lezat dan menggoyang lidah. Balikpapan adalah kota yang terletak di tepi laut sehingga menjadikan makanan laut sebagai kuliner di kota ini.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Balikpapan tidak ada salahnya untuk mencicipi kuliner yang disediakan di sana. Anda bisa mencicipi beberapa rekomendasi makanan khas Balikpapan di bawah ini.


Kuliner Balikpapan

7 Rekomendasi Kuliner Balikpapan yang Layak Dicoba


Beberapa makanan khas Balikpapan di bawah ini bisa Anda coba jika Anda bingung akan membeli makanan jenis apa.


1.  Roti Mantau

Balikpapan memiliki roti mantau yang menjadi kuliner menarik dan harus Anda coba. Roti mantau dibuat bukan dengan cara dipanggang melainkan digoreng agar teksturnya berbeda dari roti biasanya.

Rasa roti mantau tidak manis daripada roti lainnya melainkan gurih. Anda bisa mengonsumsinya dengan saus lada hitam atau saus balado. Masyarakat Balikpapan sering mengonsumsi makanan ini sebagai menu sarapan.

Biasanya roti mantau dihidangkan dengan daging sapi atau kambing agar bisa menambah kenikmatan pada rasanya.


2.  Keripik Iron

Rekomendasi kuliner Balikpapan berikutnya adalah keripik iron yang sudah sering dicicipi oleh wisatawan yang berkunjung ke sana. Anda bisa menjadikan keripik iron sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Keripik iron memiliki rasa yang lezat sehingga bisa menggugah selera, Anda pasti ketagihan saat memakannya. Makanan ini terbuat dari singkong yang memiliki tekstur keras walaupun sudah diolah. Walaupun begitu rasanya tetap gurih dan renyah.


3.  Amplang

Amplang adalah makanan berupa kerupuk yang memiliki keunikan tersendiri sehingga membuat konsumen tertarik membelinya. Amplang termasuk dalam jenis kerupuk yang diolah dengan ikan.

Bentuk amplang sangat beragam ada yang berbentuk panjang kurus, ada yang kecil, dan ada juga yang berbentuk seperti kuku macan besar. Daya tarik amplang adalah tersedia dalam berbagai rasa seperti merica, keju, bawang, original, dan rasa lainnya.


4.  Abon Kepiting

Berikutnya adalah abon kepiting yang berbeda dari abon di daerah lain. Perbedaannya terletak pada rasa, jika di daerah lain menyediakan abon dengan rasa sapi, kambing, dan ayam, di Balikpapan ada abon kepiting.

Sesuai dengan namanya abon ini terbuat dari bahan daging kepiting segar yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh khas Balikpapan. Anda bisa mendapatkan abon kepiting berbagai ukuran dan harga.


5.  Nasi Bakar Seafood

Nasi bakar seafood adalah salah satu kuliner Balikpapan yang tidak boleh ketinggalan untuk Anda coba. Nasi bakar seafood adalah olahan nasi yang di dalamnya berisi berbagai menu makanan laut seperti ikan, udang, dan kepiting.


6.  Pisang Gapit

Pisang gapit adalah makanan yang bisa Anda coba sebagai camilan dan memiliki cara masak yang unik. Makanan ini dimasak dengan cara dijepit menggunakan kayu lalu dibakar dengan arang.

Agar lebih nikmat, Anda bisa menikmati pisang gapit dengan santan, potongan buah nangka, dan gula merah. Setelah mencobanya Anda akan merasa ketagihan dengan manisnya pisang gapit.


7.  Bingka Kentang

Bingka kentang adalah makanan yang tidak kalah terkenal dari makanan-makanan di atas. Bingka kentang adalah makanan tradisional yang berbentuk bunga dan terbuat dari bahan tepung. Selain itu, makanan ini juga terbuat dari kentang dan memiliki variasi rasa.

Rasa yang tersedia adala coklat, gula merah, pandan, dan keju. Berbagai cita rasa ini membuat banyak orang penasaran dengan kelezatannya. Biasanya orang-orang membelinya sebagai oleh-oleh.


Semua kuliner Balikpapan di atas adalah rekomendasi makanan khas yang terkenal dan selalu menjadi incaran wisatawan yang berkunjung. 


Gita Welastiningtias
Halo aku Gita, terimakasih sudah mau mampir di blogku. Kalau mau kepoin instagramku bisa di @dunia.gita atau @gitawelasti.
Posting Komentar