5 Rekomendasi Kuliner Pontianak yang Rasanya Nikmat

5 Rekomendasi Kuliner Pontianak yang Rasanya Nikmat

5 Rekomendasi Kuliner Pontianak yang Rasanya Nikmat


Rekomendasi - Terdapat banyak pilihan kuliner Pontianak yang bisa Anda coba jika sedang berkunjung ke Pulau Kalimantan. Bagi Anda yang suka jalan-jalan bisa mampir ke Pontianak yang mencoba berbagai menu yang tersaji. 

Kekayaan makanan khas Pontianak tidak terlepas dari beragam budaya yang ada di kota tersebut. Ada banyak budaya yang masuk ke Pontianak seperti Bugis, Jawa, Madura, Melayu, Tiongkok, dan sebagainya. 


Kuliner Pontianak

5 Rekomendasi Kuliner Pontianak yang Rasanya Nikmat


Masyarakat keturunan Tionghoa menjadi masyarakat mayoritas yang tinggal di Kota Khatulistiwa itu. Hal ini terlihat dari budaya dan kebiasaan yang telah mengakar di sana. Tentu saja juga berpengaruh terhadap kuliner asli Pontianak. Berikut penjelasan selengkapnya mengenai kuliner Pontianak. 


1. Chai Kue 

Chai kue adalah makanan dari Pontianak yang perlu Anda coba kalau sedang berkunjung ke kota tersebut. Chai kue adalah makanan yang terbuat dari tepung beras dan tepung tapioka serta bentuknya mirip dengan pastel.

Hanya saja makanan ini dibuat dengan cara dikukus, namun sebagian orang juga ada yang membuatnya dengan cara digoreng. Chai kue adalah makanan yang berisi banyak isian seperti kacang kedelai, keladi, kucai, rebung, dan bengkuang. 

Biasanya masyarakat Pontianak menyajikan chai kue dengan tambahan topping bawang putih cincang yang digoreng. Tujuannya adalah untuk menambah aroma wangi dan rasa gurih pada makanan. 

Agar lebih nikmat, Anda bisa memakannya dengan sambal yang dicocol. Salah satu tempat yang direkomendasikan untuk mengonsumsi chai kue adalah di Jalan Siam.


2. Sapo Tahu Seafood

Rekomendasi kuliner Pontianak berikutnya adalah sapo tahu seafood yang kaya akan aroma laut dan rasanya sangat gurih. Makanan ini termasuk dalam daftar makanan yang harus Anda coba ketika berkunjung ke Pontianak.

Sapo tahu seafood sangat direkomendasikan bagi Anda yang menghindari makanan tidak halal karena makanan ini halal. Salah satu tempat untuk mencicipi sapo tahu seafood adalah di Restoran Gajah Mada yang berada di Jalan Gajah Mada. 


3. Lek Tau Suan

Lek tau suan adalah rekomendasi kuliner berikutnya yang tidak kalah lezat dan harus Anda coba. Makanan ini memiliki cita rasa yang manis dan renyah sehingga sangat cocok untuk menjadi camilan. 

Lek tau suan adalah makanan yang terbuat dari kacang hijau namun kulitnya sudah dikupas lebih dulu. Kemudian makanan ini dimasak dengan menggunakan kuah manis dengan beberapa campuran lain.

Mulai dari daun pandan, gula, dan tepung tapioka sehingga walaupun satu mangkuk akan terasa kenyang. Anda bisa memakan lek tau suan dengan tambahan topping yaitu ca kawee garing dengan tekstur renyah. 


4. Kue Kantong Semar

Rekomendasi kuliner Pontianak berikutnya adalah kue kantong semar yang berada di pedalaman Kalimantan Barat. Makanan ini biasa disajikan untuk acara kenegaraan ataupun acara daerah. 

Biasanya masyarakat Pontianak membuat kue kantong semar dengan isian beras pulut kemudian dicampur dengan kacang merah. Kemudian semua makanan tersebut dikukus sehingga rasanya sangat lezat dan membuat ketagihan. 


5. Bubur Ikan Pontianak

Bagi Anda yang mencari makanan berat tidak ada salahnya untuk mencicipi bubur ikan Pontianak yang berisi nasi, sayuran segar, kuah, dan taburan ikan. Ikan yang digunakan adalah ikan laut atau ikan sungai, namun apapun jenis ikannya rasanya tetap lezat. 

Biasanya pedagang bubur ikan juga menambahkan telur ayam kampung yang membuat makanan ini menjadi bertambah lezat dan sehat. 


Kelima rekomendasi kuliner Pontianak di atas bisa Anda coba jika masih bingung akan membeli apa setibanya di Pontianak. Anda bisa mencoba makanan yang sekiranya membuat penasaran. 


Gita Welastiningtias
Halo aku Gita, terimakasih sudah mau mampir di blogku. Kalau mau kepoin instagramku bisa di @dunia.gita atau @gitawelasti.
Posting Komentar